Monday, January 5, 2015

Ngerumpi Sunat

Momen-momen yang menyeramkan bagi anak kecil yang masuk usia-usia wajib sholat salah satunya desakan dari orang-orang tercinta termasuk orang-orang yang gak cinta, yang selalu bilang "kapan sunat-nya?". Memang gak seserem desakan "kapan nikahnya?" (bagi para bujangan yang jomblo tulen). Tetapi yang paling seram bukan desankannya itu. Tapi cerita-cerita yang bergenre hoax tentang sunat. Banyak cerita-cerita hoax yang menceritakan kejamnya sebuah kejadian mutilasi itu. Salah satunya ya, "Sunat itu gak sakit, cuma kaya digigit semut!" Iyaa bener, cuma digigit semut, tapi semutnya se-RT (kata Jui). 

Bener juga kata Jui, waktu saya sunat juga rasanya kaya digigit semut, tapi gak se-RT atau sekampung. Tapi semutnya cuma satu, ukurannya aja segede anjing. Bener suer, walaupun saya gak pernah digigit semut yang segitu. Tapi imajinasi saya pas momen sunat ya langsung tertuju kesitu. Mau gak mau, ya harus ditahan. Daripada gak jadi sunat, terus sunatnya udah SMP. Itu hal yang memalukan pas jaman-jamannya saya, gak tau kalo sekarang gimana. Jaman kan udah cepet banget berubah, tapi nasib jelek susah untuk berubah apalagi kalo didukung dengan muka yang jelek plus keuangan yang jelek. Pasti belumnya belum tentu bisa bagus atau sudah pasti gak bakal bagus.

Hoax lainnya, kalo telat sunat nanti sunatnya pake golok. Karena kulitnya udah alot, kalo pake gunting atau pake laser ya gak mempan. Terus udah gitu disuntiknya lebih dari lima kali. Satu suntikan yang dulu tak rasain itu sakitnya kaya digigit 1/3 semut yang gedenya segede anjing. Dan saya di suntiknya 3 kali, jadi rasanya kaya digigit 1 semut penuh yang gedenya segede anjing. Entah kenapa setiap orang itu beda-beda jumlah suntikannya. Gak tau apa yang jadi patokan mereka para mantri-mantri sunat buat nyuntik $#@%$#@ kita. Bisa jadi patokannya dari ukuran, panjang, diameter atau apalah. 

Hoax selanjutnya, kalo sunatnya telat nanti gak bisa ngomong "R" (cadel). Walau gak berhubungan secara langsung, tapi gak tau juga kenapa bisa jadi mitos dan itu hoax. Tapi temen saya yang non-muslim dan belum sunat sampai saya kuliah sekarang ini, bisa dia ngomong "R". Jadi mitos itu gak terbukti, dan saya belum pernah melihat buktinya. Ya bisa jadi, itu dorongan buat mereka yang cadel dan gak bisa ngomong "R" buat cepet-cepet sunat walau mereka udah sunat ya sunat lagi. 

Masih ada hoax lain! Kalo sunat gak boleh makan yang amis-amis. Nah, karena keluarga saya percaya mitos ini, ya saya dipaksa buat menuruti plus mengikutinya tanpa ampun. Makanan sehari-hari ya cuma nasi-sayur-tempe goreng. Beberapa keluarga temen saya malah mewajibkan tempe bakar dan gak boleh tempe goreng. Padahal yang amis-amis itu proteinnya tinggi, bisa membantu proses pengeringan koreng di $@$%#@@ kita. Tapi mereka yang percaya sama mitos ini, ya yang amis-amis itu bikin #%^#^%$ kita gatel. 

Yang lebih serem lagi? Ada! Perkumpulan anak-anak SD yang sudah sunat dan yang belum sunat. Kerjaannya ya pasti ngomongin pengalaman mereka yang udah sunat yang faktanya itu ditambah-tambahin. Dari yang biasa aja, sampe yang seremnya itu ah sudahlah.... Dan saya pernah jadi golongan yang belum sunat dan golongan yang udah sunat. Jadi saya bisa ngerasain kedua-duanya. Yang awalnya ditakut-takutin sampe selanjutnya menakut-nakutin mereka para yang belum sunat. Yaa begitulah, dengan ekspresi anak SD yang kalo cerita itu semua anggota badan ikut praktek, dari proses penyuntikan, pemotongan, sampe proses penggarukan kalo gatel. Yang belum sunat ya cuma komat-kamit berdoa plus memohon "semoga gak kaya gitu kalo besok sunat!"

Jadi kalo misalnya sunat itu kesakitan membawa kebahagiaan. Sakitnya banyak duitnya juga banyak. Tapi saya dulu sakitnya banyak gak dikasih duitnya juga banyak. Maklum, saya gak punya kerabat di rumah masa kecil. Nasib keluarga rantau...

No comments:

Post a Comment

Beri komentar kalian terhadap kisah saya yang satu ini.

Published By Irfan Fahrurrozi